Tips Merawat Mobil Agar Tetap Bagus

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Bagus – Mobil adalah kendaraan yang terbilang mahal. Karena memiliki harga yang lumayan untuk kaum menengah bawah. Tentunya jika kalian memiliki mobil, alangkah baiknya kalian merawatnya dengan baik. Agar mobil kalian tetap dalam kondisi yang baik dan juga tentunya meminimalisir terjadinya mogok pada mobil kalian.

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Bagus

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Bagus

Info lainnya : thetasa

Dengan melakukan perawatan bukan hanya saja mobil kalian yang akan terlihat bagus. Tentunya umur mobil kalian juga akan panjang.

Mungkin dari kalian banyak yang belum tau cara merawat mobil yang baik. Nah kali ini akan ada beberapa tips untuk kalian agar bisa menjaga kondisi mobil kalian agar tetap bagus.

Tips Merawat Mobil Kalian Agar Tetap Prima

1. Ganti ban dan cek tekanannya

Ganti ban

Fungsi ban bagi sebuah mobil memang sangat penting, dan bisa menentukan keselamatan berkendara. Maka sudah wajib hukumnya pemilik mobil untuk mengerti cara mengganti ban mobil.

Kalau ngelepas ban saja gak bisa, ya gimana kalau tiba-tiba ban bocor di tengah jalan? Masa iya mau minta tolong orang pasang ban serep.

Dalam proses pencopotan ban, kalian juga harus paham cara menggunakan dongkrak. Buat yang memang belum bisa, gak apa-apa, masih ada waktu untuk mempelajari cara dongkrak mobil.

Cek tekanan angin

Selain bongkar pasang ban, kalian juga harus memahami tekanan angin ban mobil yang ideal. Pastikan untuk mengetahui tekanan standar ban mobilmu di buku manual.

Setelah itu, coba tendang ban mobilmu dengan kaki. Bila bunyi yang dihasilkan keras dan pantulannya kuat, maka bisa dikatakan tekanan banmu terlalu tinggi. Namun jika malah sebaliknya, ya jelas banmu kurang angin.

So, jangan lupa dicek ya tekanannya. Apalagi kalau habis pulang mudik, touring, atau perjalanan jauh beratus-ratus kilometer.

2. Cara merawat mesin mobil

Panaskan mobil setiap hari

Usahakan untuk rutin memanaskan mobil setiap hari, setidaknya 30 detik hingga 1 menit tiap pagi. Mesin mobil yang rutin dipanaskan setiap hari, performanya akan lebih prima dan jarang muncul gangguan. Memanaskan mesin mobil setiap hari juga dapat membuat oli tetap merata ke seluruh mesin.

Ingat, panaskan mesin mobil dengan transmisi di posisi netral dan tanpa menyalakan AC.

Rutin memakai mobil

Usahakan untuk rutin menggunakan mobil setiap hari. Jika tidak memakai mobil dalam waktu yang cukup lama, kalian usahakan untuk menggunakannya sesekali dalam sebulan. Hal ini juga sekaligus berguna untuk mendeteksi apakah terdapat perubahan dari kondisi mesin mobil kalian .

3. Cek oli mesin

Mengganti oli mesin memang rutin dilakukan saat mobilmu sudah menempuh jarak 5 ribu KM. Tapi kadang, ada kalanya waktu ganti oli molor mengingat adanya kesibukan.

Sebagai pemilik mobil, wajib dong hukumnya untuk bisa mengecek oli mesin sendiri. Sebenarnya sih cara mengecek oli itu mudah banget, kalian cuma butuh menghidupkan mesin mobil saja. Jika indikator oli di dashboard sudah mati, maka olimu masih dalam keadaan yang baik.

Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kalian terjamin dari tagihan dari bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Tapi agar lebih akurat, maka kalian harus melakukan hal berikut. Begini langkahnya.

  1. Matikan mesin mobil dan tunggu selama kurang lebih 10 menit
  2. Buka kap mesin dan tarik stik oli (di atas bongkahan mesin)
  3. Bersihkan ujung stik dengan lap
  4. Masukan lagi stiknya ke dalam dan tarik lagi
  5. Lihat stik olinya, kalian bisa membaca kadar olimu lewat stik ini, rendah, normal, atau kebanyakan.
  6. Bila ada di bagian L atau 1, maka kondisi olimu berkurang. Di posisi dua artinya normal, dan jika di atas angka 3 atau F maka tandanya kepenuhan.

4. Merawat aki

Aki mobil ada dua yaitu tipe aki basah dan tipe maintenance free alias aki kering. Fungsi aki mobil sangat vital yakni berhubungan dengan sistem kelistrikan. Perawatan kedua aki ini gak sama ya. Berikut lebih jelasnya.

Aki basah

Banyak montir yang bilang bahwa aki basah lebih awet, namun dalam segi perawatan harus repot sedikit ya. kalian perlu mengisi cairan elektrolitnya jika berkurang secara rutin.

Aki kering

Kalau yang ini gak perlu diisi-isi air elektrolit, tapi masa pakainya biasanya maksimal cuma setahun. Intinya, jangan biarkan mobilmu gak dipanaskan berhari-hari. Panaskanlah secara rutin. Dan bila suara starternya mulai melemah, bawalah ke bengkel untuk dicek.

5. Tambah persediaan air wiper, cara merawat mobil paling simpel

Fungsi utama air yang satu ini adalah untuk membersihkan permukaan kaca. kalian bisa mengisinya dengan air biasa atau tambahan washer fluid.

Kalau gak pernah diisi, ya jelas saja persediaannya pasti habis. Tentu sangat mengganggu apabila gerimis turun.

 

Artikel ini didukung oleh : https://juarampo.co/

 

6. Cara merawat mobil ya rutin cuci mobil

Gak ngerti cara membilas dan mencuci mobil yang benar, ya wassalam setiap minggu harus bayar Rp 30 ribuan ke bengkel cuci steam. Cuci mobil itu wajib dilakukan seminggu sekali walau musim hujan. Gak boleh keseringan, gak boleh terlalu jarang juga.

Cuci mobil itu wajib dilakukan sebagai salah satu perawatan mobil hitam yang wajib dilakukan. Kalau keseringan bodi mobil bakal jadi lembab, mobil pun mudah terkena jamur yang akan merusak cat hitamnya.

Sementara itu jika jarang dicuci, flek noda pun mudah hinggap di mobil hitammu. Noda-noda itu juga bisa membuat beberapa komponen jadi berkarat.

Gunakan shampoo mobil untuk mencuci mobil, dan produk perawatan mobil lain untuk mempercantik tampilan kendaraan kesayanganmu.