Produksi Motor Plesetan Yang Ada di Pasaran

Produksi Motor Plesetan Yang Ada di Pasaran – Industri otomotif era sekarang tentunya telah berkembang sangat pesat. Dari segi mesin, teknologi dan juga fitur-fitur. Sampai ada beberapa motor yang menjadi ikonik dan bisa terbilang menjadi flagship. Tentunya karena motor tersebut memiliki sesuatu yang spesial sehingga bisa menjadi ikonik, yang banyak orang ingin memiliki nya.

Produksi Motor Plesetan Yang Ada di Pasaran

Produksi Motor Plesetan Yang Ada di Pasaran

info lainnya : thetasa

Pastinya kalian tidak akan menyangka, ada beberapa launchingan motor yang membuat plesetan tentang motor yang populer. Pastinya kalian tidak akan percaya, tetapi ingin benar terjadi. Beberapa perusahaan yang kurang ternama, mencoba untuk meniru beberapa motor yang telah laku di pasaran. Dan mereleasenya dengan sengaja agar bisa mendapatkan pasar untuk produksi nya.

Dan ternyata memang laku di beberapa negara, karena spesifikasinya yang terbilang hampir mirip dengan barang aslinya dan juga memiliki harga yang lebih murah menjad daya tarik dari motor plesetan ini.

Pastinya kalian kepo nih. Boleh yuk kalian simak.

Motor Ikonik Yang Menjadi Plesetan

1. Yayama R6

Sudah tampak dari namanya, motor ini merupakan copy paste dari Yamaha R6. Meski begitu, kuda besi yang rilis pada tahun 2017 ini membawa mesin yang jauh lebih kecil, hanya 150cc. Bandingkan dengan Yamaha R6 yang punya jeroan 600cc.

Dari sisi desain, Yayama R6 memang punya bentuk bodi yang mirip dengan Yamaha R6 model lawas. Fairing depan membawa dual headlamp, rancangan tangki yang sama persis, hingga jok tipe dual seat dan sektor buritan.

2. Kewesaki Ninja 150

Motor ini pertama kali dirilis sekitar tahun 2015 lalu. Menilik namanya, Kewesaki Ninja 150 memang bisa terbilang sebagai plesetan merek Kawasaki asal Jepang. Secara kasat mata, kuda besi ini mengusung desain yang persis dengan Ninja 250 buatan Kawasaki. Ini tampak pada model headlamp hingga area belakang.

Meski begitu, Kewesaki Ninja 150 hanya membawa mesin berkapasitas 150cc. Namun kabarnya, motor ini mampu meletupkan daya puncak 24,7 HP dan top speed menembus 138 km per jam, cukup andal dikelasnya.

3. Kavassaki MI110GS

Masih Kawasaki versi KW, ada Kavassaki MI110GS yang diproduksi oleh Mortch International Ltd. Meski plesetan dari Kawasaki, namun motor ini ternyata mengusung desain layaknya Honda CS1.

Debut sekitar tahun 2013, motor berparas ayago ini membawa mesin 4-tak, silinder tunggal, berkapasitas 107cc, dengan pendingin udara. Kavassaki  MI 110GS mengklaim mampu meraih power puncak 5,2 kW.

Jika melihat situs resminya, Mortch masih menjual sepeda motor ini untuk pasaran global. Saat ini, Kavassaki MI110GS ditawarkan dengan harga mulai 540 dolar AS atau sekitar Rp7,7 jutaan.

4. Sprinter MI100-13

Nggak hanya Kawasaki, Mortch juga punya versi KW dari Jupiter Z buatan Yamaha. Bernama Sprinter MI100-13, motor ini memang punya desain mirip dengan Jupiter Z yang sempat rilis pertengahan 2000-an.

Motor ini membawa lampu utama menyipit khas Jupiter Z. Bentuk fairing juga sangat mirip, belum lagi desain knalpot racing serta penggunaan rem cakram di roda depan.

Untuk ruang dapur pacu, pabrikan membenamkan mesin 4-tak, silinder tunggal, berkapasitas 107cc, dengan daya 5 kW pada putaran 7.500 rpm. Saat ini, Sprinter menawarkan harga 425 dolar AS atau cuma Rp6 jutaan.

5. Premio 150

Sebagai salah satu merek motor Jepang yang sangat populer, Honda pun nggak luput dari sasaran copas. Simak saja mocin-mocin yang dulu beredar di era 2000-an. Kebanyakan mencontoh desain motor bebek Honda, mulai Astrea Grand hingga Supra.

Selain moped, skutik Honda ternyata juga ada versi KW-nya. Bernama Premio 150, ini adalah hasil kloningan dari Honda Vario, salah satu skuter matik kebanggaan pabrikan sayap mengepak.

Meski punya dek khas moped, namun keseluruhan desain yang terbawa Premio 150 sangat mirip Honda Vario. Motor bebek berdesain matik dari APPKTM ini lepas di pasaran dengan harga sekitar Rp11 jutaan per unit.

6. YCR150

Nggak cuma motor bebek dan skuter matik Honda yang menjadi korban jiplak. Ada banyak varian sport bike perusahaan asal Jepang ini yang di-copy paste. Salah satu yang punya desain dan nama cukup mirip adalah YCR150.

Sesuai namanya, motor ini memang versi KW dari Honda CBR150 (atau CBR250R). Diproduksi oleh Wuxi Feihao, kuda besi ini didukung mesin silinder tunggal, berkapasitas 150cc. Kabarnya, selain di China, YCR150 juga bisa kalian temukan di pasar Pakistan.

Artikel ini didukung oleh : https://juarampo.co/

7. Gulsar 180

Nggak hanya merek Jepang yang ditiru oleh perusahaan China. Motor asal India pun muncul versi kloningannya. Kalau nggak percaya, ada varian Gulsar 180 yang merupakan Pulsar 180 versi bajakan.

Diproduksi oleh Taian Chiran Machinery Company Ltd, motor ini memang sekilas mirip dengan Pulsar. Namun, jika diperhatikan secara lebih teliti, desain Gulsar 180 tidak setajam kepunyaan Pulsar 180.

Perusahaan Bajaj, selaku produsen Pulsar, sempat jengah dengan motor tersebut. Mereka pun melayangkan gugatan dan akhirnya memenangkan pertarungan atas hak kekayaan intelektual produk ini.