Sirkuit Terseru Dan Terunik Pada Ajang MotoGP

Sirkuit Terseru Dan Terunik Pada Ajang MotoGP – MotoGP, jika kita mendengar motoGP pasti teringat Valentino Rossi dan Marc Marquez. Karena pada era terakhir dan era sekarang 2 orang ini lah yang merajai MotoGP. Seperti yang kita tau, motoGP adalah kompetisi balapan motor terbesar dan juga kelas tertinggi. Tentunya bagi para pecinta otomotif dan juga para pecinta balap, ajang ini sangat lah menarik untuk diikuti.

Sirkuit Terseru Dan Terunik Pada Ajak MotoGP

info lainnya : thetasa

Karena kompetisi ini adalah kompetisi dunia, pastinya akan ada kompetisi di berbagai negara. Bukan hanya menjadi tantangan untuk para pembalap, tetapi juga menjadi tontonan yang seru untuk para pecinta balap lokal. Seperti hal nya sepak bola yang mempunyai euforia berbeda setiap lapangan tandang maupun kandang. MotoGP pun sama, setiap daerah memiliki kecondongan idola dan juga mempunyai sirkuit yang berbeda-beda lintasannya.

Setiap kali pertandingan berlangsung pastinya banyak persiapan yang akan di lakukan agar pertandingan bisa berlangsung dengan semestinya. Banyak para pembalap yang bersantai-santai juga ketikan sampai di tempat tersebut sebelum melakukan persiapan balap. Contohnya ketika di Mandalika, Indonesia kemarin. Banyak sekali potret para pembalap yang sedang bersantai ke tempat-tempat sekitaran sirkuit Mandalika. Tentunya sangat bisa memuat para pembalap relax sebelum melakukan aksi balapnya.

Jadi pastinya setiap sirkuit memiliki keunikannya tersendiri. Yang tentunya sangat seru untuk kita bahas nih. Siapa tau dari kita setelah membahas ini bisa nonton langsung pembalap idola kita berlomba yaa hehe. Yuk kita simak.

Sirkuit Terseru dan Terunik

1. Petualangan Unik : Losail

Berada di tengah-tengah gurun, lampu sorot, dan menimbulkan rasa kesepian. Keunikan sirkuit bakal semakin meningkat jika digabung dengan spirit para pebalap dan tim yang akan memulai musim baru.

Ya, MotoGP Qatar yang bertempat di Sirkuit Losail selalu menjadi seri pembuka MotoGP dalam beberapa musim terakhir, termasuk untuk musim 2016. Grand Prix Qatar ini mungkin bukan sirkuit dengan penonton terbanyak, namun dipenuhi para penonton yang datang dengan antusiasme tinggi menyambut persaingan baru di ajang MotoGP.

Losail masuk kalender MotoGP sejak 2004, kemudian diplot sebagai seri pembuka sejak 2007. Losail juga menahbiskan diri jadi sirkuit pertama yang menggelar balapan malam di ajang MotoGP pada 2008.

2. Sejarah : Assen

Assen menjadi satu-satunya sirkuit yang selalu menjadi tuan rumah Grand Prix sejak era Kejuaraan Dunia Balap Motor pada 1949. Bisa terbilag sirkuit di Belanda ini merupakan tanah sucinya para pebalap.

Para penonton rela berdatangan dari berbagai penjuru Eropa atau dunia untuk merasakan pengalaman menyaksikan balapan di sana. Uniknya, MotoGP Assen adalah satu-satunya yang gelar pada Sabtu. Assen juga kerap disebut sebagai katedralnya balapan roda dua.

Mengapa balapan di Assen digelar Sabtu? Ternyata keputusan itu ada sejarahnya. Dahulu ada gereja yang jaraknya dekat dengan area start dan finis balapan di sana. Dewan Kota tak mau balapan mengganggu warga yang beribadah di gereja pada Minggu. Mereka kemudian memutuskan balapan terselenggara pada hari Sabtu dan berlanjut sampai sekarang.

3. Jumlah Penonton : Brno

Setiap tahun, balapan saat di sirkuit Brno, Republik Ceska ini selalu menyedot paling banyak penonton. Sekitar 250.000 fans menikmati aksi-aksi di lintasan dalam 3 hari, sejak sesi latihan bebas pertama hingga saat balapan.

Seri MotoGP Brno memang dibuat sangat unik yaitu untuk memberikan tontonan yang luar biasa dan memiliki tikungan-tikungan cepat. Fakta sirkuit ini dikelilingi hutan menambah daya tarik bagi penonton. Balapan Brno pun menjadi lebih spesial.

4. Kehebohan Fans : Mugello

Setiap sirkuit pada kalender MotoGP selalu penuh dengan fans yang fantastik. Tetapi kehebohan fans di Mugello memang sangat istimewa, berbeda dengan di sirkuit-sirkuit lain. Seperti yang biasa mungkin kita saksikan di layar kaca, penonton di sirkuit Mugello ini selalu penuh dengan penonton.

Para penonton biasanya akan menginvasi lintasan seusai balapan, sehingga membuat trek berubah menjadi lautan manusia. Fans juga bakal melantunkan chant-chant di dekat podium sembari menunggu pahlawan tuan rumah, Valentino Rossi.

Kebiasaan itu selalu dilakukan, tak peduli The Doctor finis di urutan tiga besar atau tidak. Karena sudah sejak karir Valentino Rossi ini melonjak saat muda, sang pembalap sudah sering memberikan gelar juara di sirkuit ini. Tentu saja dengan sejalannya usia sampai terakhir kali mengaspal di sirkuit ini, selalu ada chant-chant penyemangat untuk sang legenda Valentino Rossi tentunya.

5. Faktor Wow : Philip Island

Tak banyak sirkuit yang memiliki latar belakang pemandangan seindah Phillip Island. Kata kuncinya: dekat laut dan terletak di pesisir yang berbuit. Layout sirkuit Phillip Island juga sangat menarik, bahkan bisa dibilang ideal. Banyak sekali liputan-liputan tentang sirkuit ini ketika liquid ini di resmikan. Yang menjual dari keindahan sekitaran sirkuitnya ini.

Banyak juga para pembalap yang senang sekali mengaspal di sirkuit ini. Karena mereka bisa berlibur dulu sebelum adanya persiapan balapan. Tentunya bisa menjadi relaksasi untuk para pembalap sebelum sibuk test drive motor mereka.

Sirkuit ini juga memiliki turunan legendaris (Lukey Heights), yang jadi favorit para fotografer untuk mendapatkan foto terbaik. Belum lagi ditambah semilir angin pantai dan burung-burung yang beterbangan di atas sirkuit. Tak banyak sirkuit yang efeknya sedramatis Phillip Island.