Fakta Menarik Dari Sirkuit Mugello

Fakta Menarik Dari Sirkuit Mugello – Jika kalian adalah pengikut setia dari MotoGP tentunya kalian tidak akan asing lagi. Circuit yang sering banget mendapati julukan kandangnya Valentino Rossi ini adalah salah satu sirkuit paling ramai. Dari semua sirkuit yang menjadi ajang kompetisi ini.

Fakta Menarik Dari Sirkuit Mugello

info lainnya : thetasa

Sirkuit ini berada di Italia, yang berarti menjadikan sirkuit ini sebagai kandang juga untuk beberapa tim dan juga pabrikan, seperti Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP Team) dan juga Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP Team).

Tentunya sirkuit ini bisa terbilang juga sebagai ajang gengsi untuk para pembalap, team maupun pabrikan. Semuanya bersaing ketat untuk menduduki posisi puncak pada sirkuit ini.

Gimana? pembukannya sudah sepanas ini. Bagaimana kalau kita lanjut agar bisa tau, fakta apa saja sih yang ada pada sirkuit Mugello ini.

Fakta Menarik Sirkuit Mugello

1. Valentino Rossi Dijuluki Rajanya Mugello

Legenda MotoGP Valentino Rossi memang sudah tidak balapan lagi di MotoGP. Legenda MotoGP yang punya julukan The Doctor itu resmi pensiun di musim lalu. Meski legenda MotoGP Valentino Rossi sudah gak balapan lagi di MotoGP, terutama di MotoGP Italia di sirkuit Mugello. Faktanya, legenda MotoGP Valentino Rossi masih menjadi rajanya juara MotoGP Italia di sirkuit MotoGP Mugello. Legenda MotoGP Valentino Rossi berhasil menggasak 7 kali juara MotoGP Italia di sirkuit Mugello secara beruntun dari musim 2002-2008. Rekor legenda MotoGP Valentino Rossi itu sepertinya bakal lama bertahan.

2. Ada 2 Orang Yang Mampur Juara Menggunakan 2 Motor Berbeda

Fakta menarik MotoGP Italia di sirkuit MotoGP Mugello adalah baru ada 2 orang saja yang berhasil juara menunggangi 2 motor berbeda. Hal itu berdasarkan daftar juara MotoGP Italia di sirkuit MotoGP Mugello sejak 2002. Musim 2002 merupakan era baru MotoGP 4-Tak digelar menggantikan era sebelumnya GP Motor atau GP 500 yang mengandalkan motor 500 cc 2-Tak. 2 orang yang juara MotoGP Italia di sirkuit Mugello menunggangi 2 motor berbeda adalah Valentino Rossi di atas motor MotoGP Honda RC211V (2002-2003) dan motor MotoGP Yamaha YZR-M1 (2004-2005). Dan Jorge Lorenzo saat juara di atas motor MotoGP Yamaha YZR-M1 (2011-2013, 2014-2015) dan motor MotoGP Ducati Desmosedici GP (2018).

3. Hanya 2 Orang Sampai Saat Ini Yang Juara MotoGP Italia Lebih Dari 2 Kali

Dua orang yang sama menjadi pembalap yang paling banyak juara di MotoGP Italia di sirkuit Mugello. Mereka berdua adalah Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Valentino Rossi juara MotoGP Italia di sirkuit Mugello sebanyak 7 kali. Sang Legenda mencetak 7 kali juara MotoGP Italia di sirkuit Mugello secara beruntun. Valentino Rossi juara 7 kali MotoGP Italia di sirkuit Mugello musim 2002-2008. Kemudian Jorge Lorenzo mengoleksi 6 kali juara MotoGP Italia di sirkuit MotoGP Mugello. Jorge Lorenzo juara MotoGP Italia di sirkuit Mugello pada musim 2011-2013; 2015-2016 dan 2018.

4. Yamaha Keluar Sebagai Pabrikan Yang Sering Juara di Mugello

Yamaha pabrikan menjadi motor MotoGP yang paling banya juara di MotoGP Italia di sirkuit MotoGP Mugello. Statistik juara Yamaha pabrikan di MotoGP Italia di sirkuit MotoGP Mugello sejak 2002 tercatat 12 kali juara. Total 12 kali juara itu merupakan kontribusi 3 pembalap yaitu Valentino Rossi (2004-2008); Jorge Lorenzo (2011-2013, 2015-2016) dan Fabio Quartararo (2021).

5. Fabio Quartararo Ikut Jejak Juara Dunia MotoGP

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo mengikuti jejak juara dunia MotoGP 6 kali Marc Marquez. Fabio Quartararo menggasak sekali juara MotoGP Italia di sirkuit MotoGP Mugello di musim lalu. Torehan yang sama dengan juara dunia MotoGP 6 kali Marc Marquez yang juga baru sekali mengoleksi kemenangan di MotoGP Italia di sirkuit Mugello di musim 2014. Fabio Quartararo juga menjadi pembalap pertama di luar pembalap asal Spanyol, Italia dan Australia yang duluan juara MotoGP Italia di sirkuit Mugello sejak 2002. Pembalap ini merupakan pembalap Prancis pertama yang bisa juara di MotoGP Italia di sirkuit Mugello. Fabio Quartararo menjadikan Prancis negara ke-4 yang pembalap bisa juara di MotoGP Italia di sirkuit Mugello setelah Spanyol, Italia dan Australia.

6. Awal Dari Sirkuit Mugello

Meski kini menggelar balapan MotoGP, Sirkuit Mugello pada awalnya digunakan untuk balap mobil. Race pertama yang dilangsungkan di sana adalah sebuah road race pada 1914. Sempat tidak digunakan akibat Perang Dunia I, trek ini kembali menggelar balapan dengan total jarak 66 km. Banyak pebalap top dunia pernah merasakan melesat di lintasan ini. Salah satunya adalah seorang pemuda yang mengendarai Alfa Romeo pada tahun 1921. Dia adalah Enzo Ferrari, yang beberapa tahun kemudian membangun sebuah perusahaan otomotif paling bergengsi di dunia: Ferrari.

7. Kepemilikan Sirkuit Ini Adalah Ferrari

Sirkuit ini memiliki nama resmi Autodromo Internazionale del Mugello. Trek ini tercatat milik Scuderia Ferrari, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Enzo pada 1929. Ferrari membeli Mugello pada 1988 setelah pemilik sebelumnya mengalami masalah keuangan. Setelah Ferrari mengakuisisi, Mugello mendapat banyak perbaikan dari Ferrari, sampai kemudian MotoGP percaya untuk menjadi kan Mugello ini menjadi sirkuit Grand Prix mereka secara rutin sejak 1994. Ferrari menggunakan lintasan ini untuk latihan dan menguji mobil F1 mereka.