Motor Honda 2 Tak Idola Masa Lalu

Motor Honda 2 Tak Idola Masa Lalu

Motor Honda 2 Tak Idola Masa Lalu – Kali ini kita akan membahas kembali tentang motor bermesin 2 tak. Kalau kita membahas tetang motor 2 tak tentu saja pasti terlintas 2 brand asal Jepang yang merajai pasar 2 tak. Tidak lain tidak bukan yaitu Yamaha dan juga Suzuki. 2 brand ini selalu bersaing pada pasar motor bebek yang menggunakan mesin 2 tak. Type dan seri setiap tahunnya mereka release agar selalu mendapat perhatian konsumen. Dari motor yang ber cc kecil hingga ber cc besar mereka release karena melihat pasar 2 tak ini sangat lah besar.

Motor Honda 2 Tak Idola Masa Lalu

info lainnya : thetasa

Tetapi raksasa otomotif asal Jepang satu lagi tidak ingin kalah saing dengan 2 lawan terberatnya. Yaitu Honda, saat itu Honda tidak bisa tinggal diam saja ketika pasar penjualan di ambil alih oleh pesaing beratnya. Honda pun mulai membuat beberapa terobosan baru dengan menciptakan mesin 2 tak dengan beberapa teknologi terbaru saat itu. Motor yang Honda keluarkan ini pun mempunyai mesin yang lebih gahar dari pada mesin-mesin motor 2 tak lainnya. Dengan terobosan ini Honda pun berhasil mengambil alih perhatian konsumen, dengan melejitnya beberapa produk mereka.

Produk mereka yang rilis saat itu pun berhasil menjadi top selling. Menjadikan 2 top perusahaan otomotif asal Jepang yang sebelumnya pun kocar kacir memutar otak agar bisa tetap mempunyai pasar di Indonesia. Mereka pun bersaing untuk menjadi raja pada era itu. Tetapi ada beberapa produk Honda yang mempunyai top selling yang tidak bisa dikalahkan oleh Yamaha maupun Suzuki.

Produk yang Honda keluarkan ini tidak tanggung tanggung memiliki mesin yang gahar dan juga penampilan yang sporty. Tentu sangat mencuri perhatian konsumen. Siapa yang tidak tertarik, sebagian para remaja masa itu yang sangat suka sekali kebut-kebutan di jalan raya tentu mereka ingin mempunyai motor yang kencang. Pada saat Yamaha dan juga Suzuki memilih tampilan klasik, Honda pun berbeda, langsung launching motor mereka dengan design sporty yang membuatnya memiliki nilai lebih.

Motor Honda 2 Tak Terpopuler Pada Era 90an

Mungkin kalian lupa atau pun belum tau motor 2 tak apa sajakah yang Honda keluar kan. Kali ini akan kita bahas motor 2 tak apa saja yang Honda keluarkan saat itu dan tentunya yang menjadi favorit anak muda saat itu. Yuk boleh kalian simak.

1. Honda Nova Tena

Merupakan penerus Nova Series, Honda Nova Tena melakukan debut di dekade 1990-an. Produk ini memiliki dengan fitur yang lebih canggih, termasuk suspensi monoshock. Sementara, di sektor dapur pacu, tidak ada perubahan signifikan, masih membawa mesin 2-stroke, kapasitas 110cc. Nova Tena mengklainm mampu meletupkan tenaga 11,8 HP pada putaran 11.000 rpm.

2. Honda Nova Dash

Ini adalah versi upgrade dari varian Nova Tena. Meski masih mengusung mesin tipe 2-stroke, namun ada peningkatan kubikasi, dari semula 110cc menjadi 125cc, sehingga power naik hingga 22 PS. Diperkenalkan medio 1996, Honda Nova Dash sempat mengalami facelift di tahun 1998. Sayang, karena terbentur regulasi, akhirnya motor ini harus berhenti pada tahun 2000-an, sekaligus menjadi generasi terakhir Nova Series 2-tak.

3. Honda Nova RS

Motor ini pertama kali mereka rilis pabrikan sekitar pertengahan 1980-an. Saat itu, Honda menghadirkan Nova RS dalam dua varian, yaitu Nova R dan Nova S. Di sektor jantung pacu, Honda Nova RS menggendong mesin tipe 2-stroke, berkapasitas 110cc. Selain itu, motor ayago ini juga memiliki rem cakram, kopling manual, serta headlamp mirip sport bike. Bisa terbilang juga kalau motor ini adalah bapak nya dari motor Nova generasi yang akan datang saat itu.

4. Honda NSR 150R

Sepeda motor ini pertama kali masuk pasar Indonesia pada tahun 1994 silam. Kala itu, Honda NSR 150R langsung datang secara CBU dari negara asalnya. Namun, karena banyak peminat, akhirnya memilih untuk merakit di tanah air. Sport bike ini sendiri menjadi salah satu kuda besi batangan yang oke di masanya. Jantung pacu dibekali mesin 2-tak, silinder tunggal, kapasitas 149cc, yang sanggup memuntahkan daya 28 HP pada putaran 10.500 rpm. Sementara, secara tampilan, desain yang dibawa Honda NSR 150R sangat sporty. Belum lagi rangka deltabox khas motor balap. Gak heran kalo motor full fairing ini bertahan lumayan lama, hingga 1998.

5. Honda NSR 150RR

PT AHM memboyong sepeda motor ini ke tanah air pada awal milenium ketiga. Kala itu, NSR 150RR langsung datang dari Thailand. Kabarnya, ada sekitar 1.600 unit Honda NSR 150RR yang mampir ke Indonesia. Motor ini sendiri setidaknya hadir dalam dua varian. Model pertama sering disebut NSR 150RR Astra (merujuk nama perusahan yang membawa), sedangkan tipe kedua adalah NSR New 150RR.

6. Honda NSR 150SP

Masih di awal milenium ketiga, pabrikan juga menghadirkan varian Honda NSR 150SP. Ini adalah tipe tertinggi dari seri NSR 150, membawa motif Repsol sehingga lebih berkesan balap, khas tunggangan Mick Doohan. Untuk bagian jeroan, NSR 150SP masih membawa mesin yang sama seperti generasi sebelumnya. Kuda besi ini memiliki mesin 2-tak, silinder tunggal, berkapasitas 149cc. Namun, power puncak diklaim menembus angka 39,5 HP pada putaran 10.500 rpm.