Jenis-Jenis Ban Dan Juga Fungsinya

Jenis-Jenis Ban Dan Juga Fungsinya

Jenis-Jenis Ban Dan Juga Fungsinya – Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Bukan hanya kendaraan para umumnya. Tetapi pada alat bantu yang menggunakan ban salah satunya adalah gerobak. Ban memiliki peran penting di dalamnya. Jika tidak ada ban, tentunya kendaraan tidak akan punya pondasi dalam berjalan. Seperti halnya manusia dengan kakinya, kendaraan pada ban nya juga mempunyai fungsi hampir sama. Yaitu mempunyai fungsi sebagai penopang dari proses berjalan.

Jenis-Jenis Ban Dan Juga Fungsinya

info lainnya : thetasa

Ban juga mempunyai beberapa jenis didalamnya. Jenis-jenis ini berkembang dengan seiring berjalannya waktu. Seperti halnya ban balap, bal offroad atau pun ban variasi. Tentunya salah setiap jenis ban ini memiliki fungsionalnya masing-masing. Bagaimana kita memanfaatkannya saja dengan baik. Karena jika kalian menggunakan jenis ban yang tidak pas pada trek yang akan kalian lewati tentu saja juga akan berbahaya sekali. Misalnya seperti kalian menggunakan ban balap ditreck offroad, tentu saja akan terasa sangat licik dan berbahaya sekali ketika kali ngebut lalu melakukan rem, karena grip grip pada ban tidak lengkep pada lintasan.

Kali ini akan ada pembahasan tentang jenis ban mobil berdasarkan fungsi ban.

Jenis-jenis ban berdasarkan fungsinya:

1. All Terrain / AT

Jenis ban ini sering kita sebut dengan AT yang merupakan singkatan dari All Terrain. Ini merupakan ban mampu bekerja dengan baik di jalanan on roadmaupun off road.Contohnya adalah mobil Jeep atau mobil dengan spesifikasi 4WD lainnya. Umumnya digunakan pada mobil-mobil SUV.

Ketika digunakan pada medan off road, ban akan terasa tangguh. Apabila digunakan pada medan on roadmisalnya di atas aspal; ban ini tidak menimbulkan suara bising. Hanya saja jangan memaksakan untuk melewati jalanan yang terlampau ekstrem. Alur ban ini tidak cukup kuat untuk mencengkeram medan yang terlalu berat.

2. Muh Terrain / MT

Ini adalah jenis ban mobil khusus untuk full medan off road.Ban MT atau Mud Terrain ini memiliki alur dan ulir yang memang terrancang untuk medan ekstrem. Misalnya, lumpur, bebatuan, dan jalan yang berair. Untuk melewati sungai dangkal dengan arus ringan, bisa menggunakan jenis ban ini. Ban mobil ini biasanya ditemukan pada mobil-mobil jenis off road, misalnya Toyota Hardtop FJ400, Jeep Wrangler, dan lainnya. Selain itu ada pula model mountain terrain traindengan alur yang lebih menonjol untuk melibas jalanan berpasir dan berlumpur.

3. Highway Terrain / HT

Kemudian ada jenis ban Highway Terrain atay HT. Jenis ban ini terprioritaskan untuk melaju pada medan jalan on road, misalnya aspal halus. Jenis ban ini biasa digunakan pada mobil-mobil city car,hatchback, MPV atau sedan. Mobil-mobil ini memang biasanya digunakan pada jalanan perkotaan. Akan tetapi, ban ini juga digunakan pada beberapa mobil balap.

4. Comfot

Jenis ban selanjutnya adalah tipe Comfort. Tipe ini hampir sama dengan tipe Highway Terrain, yaitu mempunyai tujuan untuk penggunaan mobil yang sering melewati jalanan beraspal. Daya cengkeram ban ini lebih kuat karena terbuat dari karet tebal dengan celah alur yang rapat. Selain itu, jenis ban ini juga lebih tahan panas. Alur dan ulir ban tipe Comfort akan mempercepat aliran udara melewati ban ketika berada di permukaan jalan. Jadi, daya tahannya pun lebih kuat sehingga usia pakainya lebih lama.

5. Performance

Jenis ban mobil Performance memiliki kendali mobil yang lebih stabil. Oleh sebab itu, jenis ban ini biasanya para pembalap pakai untuk kendaraannya, lebih banyak daripada jenis Highway Terrain. Alur ban Performance ini memiliki alur yang lebih sedikit. Jadi, memang mempunyai keunggulan untuk mobil balap dengan trek aspal kering. Hanya saja, ban ini tidak cocok digunakan saat hujan karena sedikitnya alur ban ini membuat ban menjadi licin.

6. Eco

Kemudian, ada jenis ban tipe Eco. ban ini diutamakan untuk digunakan agar penggunaan bahan bakar lebih efisien. Perlu kamu ketahui, menggunakan ban yang salah juga bisa membuat bahan bakar menjadi boros. Ban ini terbuat dari lapisan silika yang membuat tipe ban ini memiliki cengkeraman yang kuat pada medan jalan. Lapisan silica ini juga membuat rolling resistancemenjadi lebih sedikit.

7. Spare Tire

Yang terakhir ini juga merupakan jenis ban berdasarkan fungsinya, yaitu Spare tire atau ban cadangan. Ban serem ini memiliki dua jenis, yaitu temporary space saverdan full size. Temporary space saveradalah ban khusus dengan velgyang berbeda. Ban ini hanya diperbolehkan melaju dengan kecepatan sedang, yaitu maksimal 50 km/jam. Sedangkan jenis kedua adalah ban dengan velgyang sama dengan bawaan mobil.

Bentuk Alur Ban Mobil

Bentuk dari alur ban ini juga sangatlah penting dalam penggunaannya. Yang tentunya juga mempunyai fungsi-fungsi nya tersendiri. Tapi kali ini hanya akan membahas alur apa saja yang ada pada Ban :

  • Alur Simetris
  • Alur Asimetris
  • Alur Searah
  • Semi Slick
  • Slink

Semunya mempunyai berbagai kegunaan pada dasarnya. Dengan adanya inovasi-inovasi dan juga teknologi, ban pun juga memiliki kemajuan. Dari penggunaan bahan dasar sampai juga dengan alur, dari ban itu sendiri yang memiliki kelebihan tersendiri.