Inovasi Terbaru Pada Motor Untuk Meningkatkan Keselamatan

Inovasi Terbaru Pada Motor Untuk Meningkatkan Keselamatan

Inovasi Terbaru Pada Motor Untuk Meningkatkan Keselamatan – Keamanan dalam berkendara sangatlah penting, kita sebagai pengendara harus memerhatikan keselamatan kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sangat berkendara. Tentu karena kita merasa diri kita sudah aman pastinya kenyamanan pun juga kita dapat, dan kita dapat berkendara secara optimal.

Inovasi Terbaru Pada Motor Untuk Meningkatkan Keselamatan

info lainnya : thatasa

Para produsen kendaraan pun berlomba-lomba untuk membuat inovasi terbaru yang bisa membuat pengendara menjadi lebih aman. Tentu ketika sebuah brand memperkenalkan keluaran kendaraan dengan inovasi terkini. Akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Terutama pada kendaraan motor, seperti yang kita tau tingkat keselamatan dari pengendara motor paling minim dibandingkan dengan kendaraan lain. Karena motor tidak memiliki body yang bisa menutupi anggota tubuh, seperti halnya mobil atau pun kendaraan lainnya.

Dalam hal ini inovasi-inovasi untuk meningkatkan keselamatan kendaraan bermotor pun tercipta. Yang pastinya membuat kita lebih nyaman dan juga lebih tenang dalam berkendara. Tentu efek dari Inovasi ini sangatlah besar, pengendara jadi memiliki kepercayaan diri lebih dalam berkendara, karena mempunyai inovas-inovasi terbaru yang mencakup keselamatan mereka.

Inovasi Terbaru Untuk Meningkatkan Keamanan Pada Pengendara Motor :

1. Adaptive Cruise Control

Teknologi ini awalnya adalah untuk kendaraan mobil, karena teknologi ini berawal dikembangkan oleh perusahaan mobil seperti Mercedes-Benz dan juga Mitsubishi. Adaptive Cruise Control ini berfungsi untuk memberikan penyesuaian pada kecepatan motor dan juga jarak kendaraan pada kendaran kedepannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pada akhir-akhir ini pun banyak perusahaan kendaraan bermotor juga mengembangkan inovasi ini karena memiliki sistem keamanaan yang sangat tinggi. Tapi tentunya sangat sulit mengubah apa yang ada di mobil menjadi bagian dari motor. Karena 2 kendaraan ini memiliki dasar yang berbeda jadi tentunya harus mengubah beberapa sistem kerja pada kendaran motor. Agar inovasi ini berjalan baik dalam kendaraan bermotor.

Perusahaan-perusahaan motor seperti KTM, Kawasaki, Ducati dan juga BMW mencoba berlomba untuk mengembangkan teknologi ini kedalam produk motor terbaru mereka karena tentunya sangat menarik sekali untuk di kembangkan. Dalam perlombaan pengembangan teknologi inovasi ini Ducati lah pemenangnya. Mereka merelease Ducati Multistrada V4 yang telah menggunakan teknologi ACC tentunya. Tetapi tidak lama waktu berselang BMW pun juga merelease R 1250 RT yang mempunyai teknologi Dynamic Cruise Control, yang tidak lain mempunyai fungsional yang sama seperti Dynamic Cruise Control.

2. Smart Helmet

Seperti yang kita tau, helm bukannya komponen dari motor secara langsung. Tapi helm adalah komponen pada pengendara untuk meminimalisir terjadi nya resiko ketika mengalami kecelakaan. Tentunya ketika kita menggunakan helm, kepala kita akan aman dan juga kita merasa lebih tenang.

Smart Helmet telah release pada 2018 dan bukan hal baru tentunya. Tapi mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui adanya Smart Helmet ini. Smart Helmet ini berawal dari perusahaan asal Perancis, yaitu Kosmos Smart Helmet. Yang telah perusahaan ini kembangkan secara berkala hingga akhirnya menghasilkan produk yang berkulitas dan tentunya inovasi terbaru.

Helm ini mempunyai lampur dibelakangnya untuk memberi tau ketika gelap kalau ada pengedara yang berada didepan mereka. Dan juga mempunyai sistem darurat ketika pengendara mengalamai kecelakaan. Selain itu juga ada fiture tambahan yang membuat Smart Helmet ini sangat canggis. Yaitu ada nya sistem konektivitas bluetooth, sistem komunikasi terintegrasi,dll.

Di Amerika pun sedang mengembangkan Smart Helmet juga yaitu Smart Helmet iC-R, helm ini ingin dibuatnya dengan adanya fitur pemantauan titik buta, visor pewarnaan otomatis dan juga sistem peringatan layanan darurat. Yang tentunya ingin helm ini bisa memberikan titik penglihatan yang luas dan juga jelas kepada pengendara agar bisa bereaksi cepat saat berkendara. Dan helm ini juga membuat filter penafasan pada kalian yang tentunya agar kalian mendapatkan udara yang bagus saat menggunakan helm ini.

3. Skyhook

Pada dasar nya skyhook ini adalah teknologi yang menggunakan suspensi elektronik yang bekerja menaikan bagian belakang kalian secara otomatis agar bisa berjalan dengan stabil ketika melalui jalur yang tidak beraturan. Tentunya dengan adanya teknologi ini motor kalian akan mempunyai kestabilan lebih ketika berjalan melalui jalur yang hancur atau tidak beraturan. Dengan mempunyai ke stabilan pada jalur tidak beraturan tentunya menambah tingkat keselamatan kalian agar tidak terpleset atau pun kaget ketika ada perubahan aspal yang tidak bagus.

Perusahaan yang telah menggunakan teknologi ini adalah Ducati dan juga Kawasakit. Pada 2020 Ducati merelease Multistrada 1200 yang mempunyai suspensi semi-aktif skyhook. Dan juga Kawasaki Versys 1000 SE LT dan juga Kawasaki Z H2 SE yang memiliki pure Electronic Control Suspension (KECS). Tentunya perusahaan lain pun juga mengembangkan teknologi ini, tetapi sudah terlebih dahulu Ducati dan juga Kawasaki yang memperkenal kan teknologi ini terlebih dahulu.

4. Split Screen Display

Aplikasi ini dikembangkan oleh Bosch, inovasi ini menggunakan media aplikasi yaitu MySPIN. Ketika kalian berkendara tentunya kalian terfokus pada navigasi atau pun pada spedoometer kalian. Berkat adanya aplikasi ini kalian bisa melihat navigas dan juga speedometer kalian secara bersamaan pada 2 layar yang terpisah. Jadi kalian bisa melihat navigasi sambil fokus pada jalur yang ada pada depan kalian. Sangat membantu sekali ketika kalian touring atau ketempat yang belum kalian ketahui agar tidak nyasar tentunya.