Brand Mobil Asli Buatan Indonesia

Brand Mobil Asli Buatan Indonesia

Brand Mobil Asli Buatan Indonesia – Kendaraan roda 4 saat ini menjadi kendaraan favorite di Indonesia. Faktanya dari data penjualan, industri otomotif terutama mobil ini mempunyai statistik yang cukup tinggi. Yang artinya penjualan mobil di Indonesia sangatlah laris manis. Tentunya karena hal ini banyak sekali brand-brand bersaing memasarkan produk mereka agar bisa menarik perhatian konsuman asal Indonesia.

Brand Mobil Asli Buatan Indonesia

info lainnya : thetasa

Keuntungan dalam penjualan mobil pun sangat lah besar, tentunya ini adalah angin segar bagi para brand-brand asing yang ingin berlomba untuk memanjakan konsumen Indonesia. Karena statistik yang terus meningkat, inovasi demi inovasi di luncurkan agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Dalam hal ini tentunya para pengusaha lokal pun tidak ingin ketinggalan dan juga ingin mencoba membuat brand asli Indonesia yang tentunya tidak kalah keren dengan produk luar negri. Dengan perkembangan teknologi tentunya membuat mobil tidak lah begitu sulit. Dengan kegigihan dari para pengusaha dan juga para pekerja pun akhir nya banyak brand-brand lokal yang mulai berani bermunculan. Tapi tentunya bukan hanya di era ini saja, pada zaman dulu juga sudah ada brand mobil yang telah di release.

Pastinya kalian pengen taukan brand mobil apa saja yang asli buatan Indonesia. Yuk simak kebawah ini biar kalian tau.

Brand Mobil Asli Indonesia :

1. Maleo

Brand mobil yang release pada tahun 1993 ini berawal dari industri pesawat terbang yang dimiliki Indonesia saat itu dan juga bekerja sama dengan perusahaan otomotif asal inggris, yaitu Rover. Dalam pembuatannya pun menggunakan teknologi dari Rover, tapi komponen yang di produksi adalah murni asal Indonesia. Mobil ini mempunyai panjang 3,5 meter, tinggi 1,3 meter dan memiliki mesin 1200 cc dengan 3 silinder.

Mobil ini juga berkesinambungan langsung dengan Alm B.J Habibie. Dalam proses perakitan mobil Maleo ini juga ada campur tangan dari Alm B.J Habibie. Tentunya beliau juga mempunyai peran penting dalam perakita mobil Maleo ini.

Mobil Maleo ini memiliki bentuk sedan. Pada awal rencana pembuatan mobil ini adalah akan memiliki harga yang terjangkau karena target dari penjualan mobil Maleo ini adalah rakyat menengah kebawah. Terbukti saat itu Maleo ini mempunyai 11 rancangan mobil untuk progress kedepannya sampai pada 1997. Tetapi sangat disayangkan progress dari brand Maleo ini harus berhenti karena ada proyek lainnya dan juga makin terpuruk ketika ada nya krisis moneter pada 1998.

2. Esemka

Brand mobil asal Solo, Jawa Tengah ini mempunyai daya tarik bagi kalian yang mengikuti proyek ini. Proyek mobil ESEMKA ini mempunyai nama yang diserap dari SMK, karena dalam proyek ini banyak murid SMK yang ikut memproduksi mobil ini. Proyek ini memang untuk mengembangkan kualitas dari anak SMK zaman sekarang agar bisa menjadi tenaga ahli yang hebat dikala mereka lulus.

Tetapi kalian jangan salah, karena brand ini disorot berhubungan langsung dengan pemerintah tapi brand ESEMKA ini mempunyai pengelola Swasta.

Brand ESEMKA ini mampu memproduksi 12000 unit per tahunnya. Dalam type lain ESEMKA ini juga bisa memproduksi 10 unit SUV dan juga mini truck. Semua komponen yang digunakan dalam produksi mobil ESEMKA adalah asli komponen buatan lokal, yaitu PT INKA dan juga Pertamina. Jadi Brand ESEMKA ini adalah Original buatan Indonesia.

3. Mahesa

Sukiyat adalah pencipta dari mobil Mahesa. Ia terinspirasi untuk membuat mobil ala pedesaan yang sangat berguna bagi para petani. Mobil dari brand Mahesa ini mempunyai 3 tpye, yaitu double cabin, pick up dan juga kendaraan pertanian.

Mobil ini menggunakan mesin diesel 650 cc 1 piston. Untuk kecepatan mobil ini mampu berjalan dengan kecepatan 55 km perjam dan juga pastinya menggunakan bahan bakar yang irit. 1 liter bisa digunakan untuk menempuh 30 km. Brand Mahesa ini menggunakan sistem PTO didalamnya yaitu Power Take Off. Yang bisa langsung tersambung langsung kemesin pertanian. Tentunya sangat fleksibel dan juga sangat bermanfaat.

4. Beta 97

Beta 97 adalah proyek yang di garap langsung oleh PT Bakrie Motor. Proyek ini sayang sekali harus terhenti karena ada nya krisis moneter saat itu. Padahal proyek ini telah berjalan dengan baik dan juga sudah melalui berbagai uji coba, seperti bodi mobil, sistem elektronika, tes suspensi, dan juga ketahanan terhadap getaran. Dalam tes yang lumayan lama saat itu sangat disayang kan harus terhenti. Padahal proyek ini akan di perkirakan bisa membuahkan hasil yang baik untuk industri otomotif saat ini.

5. Timor

Proyek ini lah yang harus membuat brand Moleo terhenti saat itu. Pada saat itu proyek ini mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Indonesia saat itu, yaitu Pak Soeharto. Proyek mobil ini mempunyai rencana kedepannya untuk membangun industri mobil nasional menjadi lebih baik. Proyek ini saat itu adalah proyek mobnas dengan menggunakan dana yang sangat besar. Pemegang saham proyek ini adalah PT Timor Putra Nasional dengan Tommy Soeharto sebagai pemiliknya. Proyek ini pun di protes oleh industri otomotif dunia yang ada di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat. Dan juga ada nya krisis moneter saat itu yang benar-benar harus membuat perusahaan ini berhenti.