5 Type Lokomotif Yang Terkenal di Indonesia

5 Type Lokomotif Yang Terkenal di Indonesia

5 Type Lokomotif Yang Terkenal di Indonesia – Transportasi darat yang tidak kenal macet. Tentu saja kereta api, karena kerena api memiliki jalurnya sendiri menggunakan rel. Jadi kalian pasti tidak akan terkena macet ketika menggunakan kendaraan ini. Apalagi ketika kalian berpergian ketempat yang sangat jauh, seperti keluar kota yang bisa menempuh waktu yang cukup lama. Tentunya ketika menggunakan kendaraan umum darat lainnya kalian akan terjebak macet yang bisa memperlambat kalian. Dengan teknologi lokomotif saat ini tentunya kalian ga perlu takut akan kenyamanan kalian. Kereta yang digunakan di era sekarang pun sudah mempunyai modifikasi yang sangat apik. Dari AC, kursi yang nyaman, kamar mandi yang bersih, serta pelayanan yang sangat baik. Jadi tentunya tidak usah ragu lagi untuk kalian menggunakan transportasi ini.

PT Kereta Api Indonesia atau yang biasa sering kita dengar PT KAI ini sudah sangat lama beroperasi. PT KAI pun banyak melakukan perubahan pada type kereta yang mereka gunakan. Semua dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya pengguna PT KAI. Dengan adanya mesin terbaru tentunya bisa menempuh jarak jauh dengan cepat, memperoleh kestabilan yang baik, dan juga sistem pengemudian yang menjadi lebih mudah.

5 Type Lokomotif Yang Terkenal di Indonesia

info lainnya : thetasa

Untuk mendapatkan teknologi yang baik seputar lokomotif PT KAI pun mulai bekerja sama dengan perusahaan asing asal Amerika yang sudah sejak lama mengerjakan proyek teknologi seputar lokomotif, yaitu General Electrick (GE). Dalam kerja sama ini pun banyak perubahaan yang menjadikan sistem pengoperasian PT KAI ini menjadi lebih baik dan juga mendapatkan beberapa update pada bagian kereta yang PT KAI gunakan.

Pastinya kalian kepo kan dengan lokomotif apa saja yang PT KAI gunakan untuk pengoperasiannya dari zaman dulu hingga saat ini.

5 type lokomotif yang terkenal :

1. Lokomotif GE CC 200

Kereta lokomotif ini sudah sangat lama beroperasi, bisa dibilang sejak zaman Bung Karno pun kereta ini sudah beroperasi. Antara kerja sama PT KAI dan juga GE ini akhirnya menghasilkan lokomotif yang menggunakan diesel pertama di Indonesia. Mesin diesel listrik ini pun mempunyai 1600 tenaga kuda pada tahun 1950-an. Tentunya dengan lokomotif tercanggih pada saat itu, banyak sekali warga Indonesia yang apresiasi akan hal ini. Banyak yang ingin mencoba kendaraan ini atau hanya sekedar melihatnya. Kereta ini juga mempunyai beberapa bogie, dua kemudi dan juga satu bogie untuk non-kemudi. Tentunya bisa menghasilkan kestabilan yang baik untuk kereta.

2. Lokomotif GE CC 201

Sumatra menjadi tempat pengoperasian dari kereta Lokomotif GE CC 201 ini. CC 201 90 R ini juga digunakan kereta api Sri Bilan di DIVRE III, Sumatra Selatan. Dengan mampunyai spesifikasi berat 84 ton mesin Lokotomif GE CC 201 ini mempunyai daya mesin 1950 tenaga kuda. Kereta ini juga dilengkapi dengan 2 bogie, mempunyai masing-masing 3 gandar dengan 6 motor traksi. Tentunya dengan spesifikasi tersebut kereta ini dapat melaju  dengan stabil pada lintasan yang datar maupun menanjak seperti bukit atau pegunungan. Kereta ini juga dapat melaju dengan kecepatan 120 km/jam.

3. Lokomotif CC 203

Lokomotif ini adalah hasil dari perkembangan Lokomotif GE CC 201, update dari mesin ini adalah mempunyai tiga poros atau gandar penggerak yang setiap gandar penggerak di gerakan oleh motor traksi. Jadi pastinya dengan mesin yang Lokomotif CC 203 gunakan ini akan memberikan kestabilan serta percepatan yang lebih baik dari kereta-kereta sebelumnya. Belum lagi kereta ini menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger, yang pastinya bisa memberika daya yang lebih besar, yaitu sekitar 2150 tenaga kuda. Pastinya kerena Lokomotif CC 203 ini mampu melaju baik pada track datar mau pun tanjakan.

4. Lokomotif CC 204

Walaupun kereta Lokomotif CC 204 ini adalah pure upgrade an dari Lokomotf CC 203. Kereta ini juga disebut sebagai Generasi ke 2 dari Kereta terdahulunya. Update yang dilakukan adalah menggunakan tiga tahap jenis AC, 5GTS11 sdf yang ditiup oleh altenator atau pembangkit, rectifier dan juga sebuah sistem kontrol “Syrius Brightstar”. Kerennya lagi kereta ini sudah di lengkapi dengan teknologi yang bisa menghitung diagnostik, pencatatan dan juga bisa menampilkan layar kabur konduktor. Kereta ini beroperasi di Jawa dan juga Sumatra yang pastinya mempunyai jalur yang agak sulit dilalui. Biasanya kereta ini beroperasi untuk penumpang maupun barang.

5. Lokomotif GE CC 206

Lokomotif GE CC 206 adalah pengeluaran terbaru dari General Elektrick (GE). Tentunya dengan teknologi-teknologi yang sudah mempuni pada era ini sudah kereta ini miliki. Bergerak menggunakan mesin diesel, alternator, bogie, traction motor, dan juga kontrol yang keluaran terbaru memberikan kereta ini bisa melaju dengan lebih baik. Spesifikasi dari kereta ini adalah mempunyai berat 88,2 ton dan memiliki 2250 tenaga kuda. Kereta ini juga mempunyai 2 kabin operator dan juga kap yang panjang untuk menyediakan ruang dalam mendukung daya atau blower, mesin dan radiator. Tentunya semua update ini bisa menemani perjalanan kalian dengan sangat baik, cepat, nyaman, dan juga aman tentunya.

Tidak ragu-ragu PT KAI memberikan update terus-menerus terhadap pelayanannya, tentunya bagi kalian yang ingin menaiki kereta api tidak perlu ragu lagi. Kerja sama dari PT KAI dan juga GE pun mempunyai hasil yang positif, yang tentunya sangat berpengaruh besar dalam perkembangan kereta lokomotif di Indonesia.