Teknologi Terbaru Dalam Industri Otomotif

Teknologi Terbaru Dalam Industri Otomotif

Teknologi Terbaru Dalam Industri Otomotif – Seperti yang kita ketahui industri otomotif termasuk dalam industri yang sedang aktif dalam mengembangkan teknologi. Tidak lain dan tidak bukan diperuntukan buat para pengendara agar mempunyai kendaraan yang nyaman, aman, dan tentunya cepat.

Saat ini teknologi demi teknologi telah tercipta, seperti halnya gadget yang semakin hari semakin ada saja keluaran terbaru. Yang tentunya menjadi sebuah keharusan untuk kita memilikinya jika tidak ingin ketinggalan zaman. Dengan sistematis dari para ahli teknologi, tentunya akan ada juga teknologi-teknologi terbaru dalam instdustri otomotif setiap tahunnya yang di release yang menjadikannya sebuah keharusan dalam sebuah spesifikasi.

Teknologi Terbaru Dalam Industri Otomotif

info lainnya : thetasa

Inovasi teknologi pada industri otomotif ini pun banyak yang mengambil dari teknologi-teknologi terupdate pada industri lainnya. Seperti menggunkan sistem Artificial Intelligence (AI), big data & analytics, blockhain, dan yang terbaru ada Internet of things (IoT) yang tentunya akan terasa mobil kalian semakin canggih.

Lalu apa saja sih inovasi teknologi yang sudah diterapkan pada era ini. Tentunya menarik untuk kita bahas.

Inovasi Teknologi Terupdate di Industri Otomotif

1. Kendaraan Otonom berbasis AI

Kalau kalian bercita-cita punya mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa harus kalian kendarai tentunya era sekarang ini sudah tercipta teknologi yang seperti itu. Keliatannya seperti kalian tidak perlu susah payah berkendara untuk mencapai tujuan. Tujuan dari sistem ini selain mempermudah pengendara adalah mengurangi penggunaan pada pekerja pengemudi manusia.

Dalam survey di Amerika Serikat ada 1400 mobil tanpa pengemudi yang beroperasi di jalan raya. Tentu angka itu meningkat dengan seiring berjalannya waktu.

Sistem kerja dari kendaraan otonom berbasis AI ini tentunya memanfaatkan kecerdasan dari sistem AI yang mempunyai algoritma pasti dalam settingan programnya. Lalu didukung dengan beberapa sensor yang ada pada tempat tertentu, navigasi juga tentunya jadi bagian penting dalam hal perhitungan arah dan juga kontrol otomatis.

Pengembang dari sistem AI itu sendiri adalah Gooogle, tetapi banyak Industri otomotif bekerja sama agar bisa mendapatkan teknologi itu. Salah satunya perusahaan industri yang bekerja sama dengan goole ini adalah Tesla.

2. Elektrifikasi

Banyak perdebatan dalam hal ini tentunya, sebagaimana kita tau masih banyak pengguna dari kendaraan berbahan bakar fosil. Seperti yang kita ketahui untuk industri kendaraan berbasis listrik ini masih sangat asing di Indonesia itu sendiri. Dengan kurangnya fasilitas yang ada pada sistem charger untuk daerah tertentu membuat bagi para pengemudi mobil listrik ini bingung dalam hal isi ulang ketika dijalan raya.

Semoga dengan maraknya mobil listrik di luar sana bisa menjadikan motivasi untuk beberapa perusahaan Indo dalam mengelola dari fasilitas untuk mobil listrik itu sendiri. Padahal sangat bagus sekali inovasi yang satu ini. Selain mengurangi polusi tentu juga menghemat dari penggunaan bahan bakar fosil yang bisa merusak lingkungan.

Menggunakan bahan bakar listrik ini pun jika dalam hitungan penggunaannya terasa lebih murah di banding kan menggunakan bahan bakar fosil kok. Karena mobil ini sudah menggunakan teknologi dan tentunya uji coba yang sangat banyak sebelum bisa diproduksi. Tentunya sudah lolos dalam tes dan juga lolos kualifikasi tertentu. Jadi bisa dipastikan mobil ini sangat amat di gunakan seperti layaknya mobil pada umumnya.

3. 3D print

Teknologi ini sangat bisa membantu bagi para produsen kendaraan dalam merancang dan juga memproduksi sebuah kendaraan maupun suku cadang. Dengan adanya teknologi ini, bisa dengan mudah kita merancang secara detail. Komponen mesin yang terbilang kompleks tentunya bisa terlihat jelas dengan 3D print ini, sehingga para mekanik maupun designer bisa dengan mudah melihat sebuah permasalah pada mobil maupun merancang sebuah mobil maupun suku cadang.

Dengan membuat sistem prototipe dalam penggunaannya tentunya sangat fleksibel untuk digunakan dan juga sangat memudahkan para produsen otomotif. Tentunya teknologi ini sangat berguna sekali untuk perindustrian otomotif ini agar meminimalisir kegagalan dalam membuat kendaraan. Karena sistem 3D print ini mempunyai kelebihan dengan bisa mengeluarkan data yang lebih detail.

4. Pemasaran dan Transaksi Digital

Transaksi berbasis digital tentunya kita sudah tidak asing lagi. Seperti halnya gopay, ovo, dana dll tentunya itu adalah salah satu dari transaksi yang berbasis digital. Dengan canggihnya era internet zaman sekarang, semuanya bisa dilakukan lewat internet. Entah itu menggunakan aplikasi ataupun membuka melalui website tentunya memudahkan kita dalam memilah.

Industri Otomotif pun sekarang harus mulai beralih menggunakan pemasaran dan juga transaksi digital ini. Selain hemat dalam ongkos pemasaran, tentunya dengan iklan atau promosi yang baik lewat online juga bisa membuat seseorang tertarik. Era digital saat ini tentunya sudah banyak sekali digital marketing yang berkeliaran. Jika ingin mencoba untuk mengubah terobosan baru tentunya era digital adalah pilihan yang tepat.

Banyak platform yang bisa mendukung pemasaran, atau inovasi promosi digital marketing terbaru juga sangat membantu. Seperti OLX salah satu aplikasi pendukung dalam jual beli kendaraan otomotif yang tentunya menjadi pendorong adanya transaksi digital yang terjadi. Semua kegiatan yang dilakukan dalam hal jual beli kendaraan tentunya menjadi lebih mudah gak pake ribet.