Macam-Macam Mesin Pesawat

Macam-Macam Mesin Pesawat

Macam-Macam Mesin Pesawat – Pastinya bagi kalian yang awan dengan otomotif pesawat ini tentunya pembahasan kali ini sangat menarik nih untuk menambah ilmu kalian. Seperti yang kita tau, untuk bisa terbang menjelajahi langit dengan kapasitas yang berat pastinya ada mesin yang sangat hebat. Mesin yang bisa memanfaatkan angin sebagai medan tempur ini pun pastinya sangat kompleks dan tentunya banyak sekali macam-macamnya.

Setiap type pesawat tentunya mempunyai mesin yang berbeda-beda. Macam-macam mesin pesawat ini pun sangat unik tentunya, dari sistem kerjanya atau pun dari segi spesifikasinya. Jadi pastinya para pencipta pesawatpun harus tau mesin pesawat apa yang cocok untuk pengoperasiannya sehingga pesawat pun bisa terbang stabil.

Macam-Macam Mesin Pesawat

info lainnya : thetasa

Macam-macam mesin pesawat :

1. Turboprop Engine

Mesin ini adalah salah satu mesin awal yang digunakan pada pesawat-pesawat komersil. Tidak jauh berbeda sebenarnya cara kerja mesin ini dengan turbo jet. Hanya saja secara keseluruhannya mesin ini punya pengoperasian yang lebih stabil dan lebih cocok untuk pesawat komersil.

2. Turbojet Engine

Mesin turbojet ini pernah sangat menjadi mesin yang populer pada masanya. Karena mesin ini sangat bisa menghasilkan kecepatan yang jauh lebih kencang dari mesin-mesin sebelumnya. Dan mesin ini biasanya di gunakan oleh pesawat-pesawat cepat seperti beberapa type pesawat tempur. Dengan sistem kinerja yang menyedot udara untuk membuat daya dorong yang lebih kencang tentunya mesin ini sangat mengutamakan kecepatan.

3. Turbofan Engine

Keunikan dari mesin ini adalah mempunyai mesin yang terfokuskan pada baling-baling. Dengan sistem kinerja seperti ini, tentunya pesawat dapat mengatur kompresi angin saat mengudara. Dan juga menjadikan pesawat biar diatur dengan lebih stabil tentunya. Salah satu pesawat yang menggunakan  mesin ini adalah Boeing B 747 dan GE CF6-80C2.

4. Turboshaft Engine

Uniknya mesin ini adalah tidak memiliki baling-balik. Bisa dibilang cara kerja mesin ini hampir sama dengan mesin turboprop. Turbin yang langsung disambungkan dengan Reduction Gearbox, membuat tenaga yang di hasilkan menjadi lebih besar. Yang biasa mengunakan mesin ini adalah Helikopter. Mesin ini pun juga punya manfaat lain seperti membantu dari sektor industri dan juga maritin. Dari membantu pengoperasian pembangkit listri hingga menjadi pompa gas dan minyak serta lain-lainnya. Sangat bermanfaat sekali mesin Turboshaft ini tentunya.